Cara Memperbaiki Hp Yang Terkena Air

Hargabiz.Com – Ponsel merupakan alat komunikasi terbaik saat ini, bahkan seiring perkembangan teknologi ponsel juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang menjadikannya semakin canggih. Oleh karenanya tidak heran bila orang sering membawa ponsel kemana – mana, sebab selain untuk berkomunikasi dengan orang lain hp masa kini juga dapat digunakan mengakses layanan internet seperti layaknya disebuah komputer.

Tips-Mengatasi-Ponsel-yang-terkena-air

Namun bagiamana jika ponsel atau handphone kesayangan anda terkena cipratan air ataupun kehujanan, pastinya hp anda akan langsung mati bila tidak mendukung teknologi anti air. Nah buat anda yang pernah mengalami hal tersebut, silakan simak tips cara memperbaiki handphone yang terkena air berikut ini.

1. Jangan Langsung Menghidupkan Hp
Saat ponsel anda sudah mati terkena air, sebaiknya jangan mencoba langsung menghidupkannya karena dapat menyebabkan arus pendek atau konslet pada ponsel.

2. Membuka Baterai Dan Melepas Cassing
Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuka baterai dan cassing ponsel, tujuannya agar air yang masuk ke ponsel dapat dikeluarkan.

3. Lap Ponsel Dengan Tisu
Untuk mengeluarkan air yang ada pada ponsel silakan lap dulu dengan tisu, anda juga bisa menggunakan pengering rambut namun jaraknya jangan terlalu dekat. Sebab pengering rambut akan dapat merusak komponen pada bagian dalam ponsel, sehingga anda harus sangat berhati – hati ketika menggunakan pengering rambut.

4. Menaruhnya Walam Wadah Yang Berisi Beras
Aneh memang kedengarannya, namun hal tersebut merupakan salah satu cara terbaik untuk lebih cepat menghilangkan air dalam ponsel anda. Yakni dengan menaruhnya di sebuah wadah yang berisi dengan beras, sebab beras akan menyerap semua sisa air yang ada pada ponsel. Lakukan hal ini satu hingga dua hari, dan langkah selanjutnya pasang kembali cassing dan baterai ponsel lalu coba hidupkan.

Jika sudah tidak ada air sama sekali pada handphone anda, maka ponsel anda sudah bisa hidup kembali. Namun bila air sudah sempat mengenai bagian pital dari ponsel semisal IC, kemungkinan cara menyelamatkan ponsel anda dengan cara di atas presentase keberhasilannya sangat sedikit.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

< Previous Article